Souvenir dan Tema Pernikahan

Leave a Comment

Pemilihan Tema

Seperti yang sudah saya sampaikan di artikel sebelumnya, pemilihan tema adalah faktor terpenting agar bisa menjadi satu kesatuan dalam acara pesta pernikahan itu. Nah, tema-tema apa saja yang bisa jadi pertimbangan untuk pernikahan nanti? Berikut ini adalah berbagai contoh tema yang umum. Tentunya umum disini memiliki konteks yang berbeda dengan 'umum' untuk souvenir, ya... :)

A. Modern


Souvenir buatan pabrik seperti penjepit memo, tempat foto, buku/notes, sendok/garpu kecil, dsb bisa dipilih untuk tema ini. Berilah sentuhan modern melalui kemasannya (mis: kotak mika) dan berikan sentuhan warna yang sesuai dengan tema warna yang dipakai di pesta pernikahan tersebut melalui pita, hiasan bunga, atau kartu ucapan terima kasih.



B. Etnic / Tradisional

Contoh souvenir dengan tema adat Sumatera Utara
Kipas dari bahan kain tradisional seperti batik, tenun, dsb bisa dijadikan souvenir untuk tema ini. Ada kalanya calon pengantin menggunakan busana daerah karena ingin menunjukkan asal daerah mereka. Hal ini bisa menjadi alternatif dalam pemilihan souvenir. Misalnya, jika pengantin mengenakan busana daerah Sumatera Utara atau Kalimantan Selatan, maka pilihlah souvenir khas daerah itu, atau, buatlah souvenir yang berbahan kain tradisional daerah tersebut seperti dompet handphone, tempat tissue, dsb. Agar lebih menarik, kemaslah dalam kotak daur ulang yang warnanya bisa disesuaikan dengan tema warna yang dipilih. Untuk warna etnic biasanya lebih cenderung ke warna yang tua atau gelap. Beri sentuhan pita dari kertas atau serat dan juga hiaslah dengan bunga kering atau biji - bijian. Sentuhan etnic bisa juga dipakai pada kemasan berupa kantongan / tas yang terbuat dari kain tradisional.

C. Alami / Natural


Pemilihan souvenir untuk tema natural umumnya hampir sama dengan tema etnic, hanya saja warna yang dipilih adalah warna natural. Contoh souvenir alami : 1) tempat foto dari kertas daur ulang, 2) tempat tissue dari anyaman tikar, dsb. Kemaslah dengan kotak daur ulang atau bahan - bahan alami lainnya. Pemakaian pita kertas atau tali dari serat juga biji - bijian akan menambah kesan alami dari souvenir tersebut.

D. Romantic


Contoh : 1) tempat perhiasan bentuk hati, 2) tempat tissue dari bahan brokat / satin / organdi, dsb. Pilih warna yang lembut dan kemaslah dalam kemasan tile ataupun kain satin. Untuk tempat perhiasan bisa dikemas dalam kotak mika dan diberi sentuhan pita satin, mawar dari pita, ataupun sedikit potongan kain tile untuk memperkuat kesan romantisnya. :)

E. Fiksi


Sangat jarang ada yang menggunakan tema ini karena terkesan agak rumit bahkan sedikit nyeleneh alias aneh. Namun demikian, biasanya yang memilih tema ini adalah mereka yang memiliki passion tinggi terhadap sesuatu atau daya imajinasi yang luar biasa serta memiliki pribadi yang unik! :D

Tema fiksi biasanya dikaitkan dengan kesukaan/hobi, tokoh idola, kisah / dongeng yang disukai, profesi dari mempelai, miniatur unik kedua mempelai, atau bahkan sekedar imajinasi yang terasa 'klop' dengan suasana pernikahan.

Contoh berdasarkan hobi, misal kedua mempelai sama-sama hobi sepak bola, maka semua yang ada dalam pesta itu mereka setting bernuansa bola. Souvenir bisa berupa gantungan kunci berbentuk bola dan/atau bertuliskan nama klub bola terkenal. Bisa juga berupa mug dengan lambang klub bola maupun mangkok kecil dari kaca bening yang bila ditumpuk jadi satu menyerupai bentuk bola. Kemasan yang dipilih bisa berupa kotak mika atau kotak dengan berhiaskan lambang klub bola nasional atau dunia.

Contoh yang berdasarkan profesi, misal kedua mempelai sama-sama berprofesi sebagai dokter hewan dan tema pesta pernikahan yang mereka pilih adalah pesta kebun yang seakan-akan membawa tamu berada di dalam sebuah kebun binatang, lengkap dengan loket masuk sebagai tempat mengisi buku tamu. Souvenir boneka berbentuk kucing, anjing, bebek, burung, atau hewan lainnya bisa jadi pilihan tema ini. Agar terlihat unik, kemaslah dengan kotak yang berbentuk kandang atau sangkar dan bisa berfungsi sebagai hiasan gantung di pintu atau mobil. Menyenangkan bukan? :)

F. Minimalis


Contoh souvenir untuk tema ini relatif lebih mudah didapatkan. Carilah yang bentuknya sederhana dan kemaslah dengan kotak mika agar bentuknya yang minimalis tetap kelihatan tanpa mengurangi kesan uniknya.

Yang perlu diperhatikan dari tema minimalis adalah untuk selalu membedakannya dengan kesan yang 'terlalu biasa'. Minimalis adalah sesuatu yang simpel, sederhana, namun tetap elegan. Di jaman sekarang ini bisa dikatakan bahwa minimalis memiliki 'tahta' yang cukup sejajar dengan glamor namun tetap bersifat 'rendah hati'.

G. Mewah / Glamour



Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa glamor dan minimalis sekarang ini memiliki 'tahta' yang cukup sejajar, maka contoh untuk souvenir tema ini juga gampang mencarinya. Bisa berupa tempat tissue dari stainless / kawat, gelas sloki, tempat perhiasan dari vinyl, dompet dari bahan sutra, dan masih banyak lagi. Kemasan yang cocok untuk souvenir ini adalah mika. Agar kesan mewah dan glamournya semakin terlihat, jangan lupa tambahkan hiasan renda atau pita warna emas dan juga bunga-bunga imitasi yang bernuansa emas, atau beri sentuhan dengan taburan mutiara imitasi. :)

H. Elegant

Kesan elegan bisa didapat dari kemasan, contohnya pembatas buku, pisau penyobek amplop, buku notes, tempat foto, dsb. Benda - benda tersebut jika dikemas ke dalam kotak dari bahan kertas tebal dan diberi penyekat atau bantalan didalamnya sebagai wadah souvenir (seperti yang biasa dipakai di dalam kotak arloji atau aksesori), maka tampilan souvenir tersebut benar - benar elegan. Sesuaikan warna kotak dengan tema warna yang dipilih agar tidak terkesan 'kehilangan arah', karena hal itu akan mengurangi kesan elegan dari souvenir tersebut.

----------

Jika memilih tema - tema seperti yang disebutkan di atas, selalu usahakan untuk menyesuaikan warnanya agar menjadi satu kesatuan. Misalnya jika memilih tema Romantic maka gunakanlah warna-warna lembut seperti merah muda, kuning muda, atau warna lain yang menimbulkan kesan romantis.

Selain tema - tema yang telah disebutkan di atas, ada juga pemilihan tema berdasarkan warna yang dipakai pada acara tersebut. Warna yang dimaksud di sini biasanya berpedoman pada warna dekorasi dan busana yang dikenakan oleh pengantin maupun keluarga serta penerima tamu.

Berbagai variasi souvenir di galeri Verita Souvenir
Itulah sekelumit contoh souvenir yang bisa disesuaikan dengan tema pesta pernikahan. Masih banyak contoh lainnya yang tidak mungkin bisa dibahas satu persatu di sini. Itulah sebabnya saya sarankan di artikel sebelumnya, datanglah ke penjual souvenir yang bisa menjadi konsultan dalam memilih souvenir, agar calon pengantin juga tidak bingung dalam memilih souvenir yang akan diberikan kepada tamu-tamunya. Tak perlu dengan harga mahal. Souvenir yang murah sekalipun jika diberi sentuhan sedikit akan menambah nilai bagi souvenir itu.

Mudah - mudahan tips ini bisa bermanfaat bagi calon pengantin maupun orang tua yang akan menikahkan anaknya. Selamat menentukan tema dan berburu souvenir! :)



Editor : Anggi Budi Kurniawan

0 komentar:

Posting Komentar